jump to navigation

Test Ride Honda New MegaPro oleh Blogger ! 24 Agustus 2010

Posted by SLVRShop in HONDA, TEST RIDE.
Tags:
trackback

Yupz setelah kemarin dibahas hasil test ride Yamaha Byson oleh blogger papan atas Indonesia, kali ini giliran Honda New MegaPro yang akan dibahas. Saya akan bahas hasil test ride Honda NMP berdasarkan perspektif para blogger yang sudah melakukan test ride (kebetulan saya gak ikut coz gak dpt undangan), total ada 22 blogger yang ikut pada test ride tersebut, namun saya hanya akan membahas menurut 3 blogger papan atas yakni Mas Triatmono, Bro Stephen dan Mas Taufik. Test ridenya sendiri dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 21 Agustus 2010 kemarin di kawasan SCBD Senayan.

Masing-masing blogger diberi kesempatan melakukan test sebanyak 3 putaran, rute yang diambil adalah di sekitaran kawasan SCBD, melewati tikungan Bengkel Kafe, terowongan, tikungan Electronic City, atau tikungan ke arah Polda. Rutenya terlihat pada gambar berikut  .

Menurut Mas Triatmono

Saat menaiki Honda New Megapro yang memiliki power 10.1kW pada 8500RPM …  dan ketika men-starter engine melalaui electric starter… suara engine terdengar relatif halus… !!! Masuk gigi 1,… akselerasi motor ini cukup responsif .. dan kecepatan yang bisa diraih sekitar 30an km/h untuk gigi 1 …!!! Sedangkan gigi 2… gue bisa mencapai 60 km/h …!!! Gue merasakan ada ‘limiter’ pada CDI sehingga nggak bisa mengail kecepatan lebih tinggi lageee …!!! Jika ditanya akslerasinya responsif mana… dibandingkan Yamaha Byson… ??? Gue merasakan Honda New Megapro lebih responsif… dan ketika melalui terowongan … gue bisa membejek sampai kecepatan 104 km/h… !!! Beberapa rekan Bloggerz seperti Bro Satar aka Dukun Beranak… bisa membejek top speed 116 km/h …. !!!

Kesan yang gue dapat dalam mengendarai Honda New Megapro adalah easy to ride… !!! Yup,… gampang banget untuk ‘ditekak-tekuk’ untuk melakukan zig-zag manuver …!!! Ketika melibaz tikungan,… handling relatif cukup stabil tidak ada gejala membuang dari suspensi belakang …!!! Bagaimana dengan kemampuan daya pengereman …??? Honda New Megapro sudah dilengkapi dengan rem disc brake dimana untuk depan menggunakan dual piston dan rem belakang  dengan piston tunggal…!!!

Menurut Bro Stephen

Posisi stang sudah didesain lebih ergonomis membuat motor ini lebih  nyaman dikendarai (tidak mudah lelah/pegal), baik jarak jauh maupun dekat. Ternyata, Honda NMP ini memiliki tempat duduk ganda (Double Seat) model “hip-up” yang menawarkan kenyamanan, baik untuk pengendara maupun pembonceng. Kenyamanan sangat terasa di motor Honda NMP ini, sehingga besutan ini mantap ditarik kencang atau pelan. Hasil test-ride Honda New MegaPro dari SL.com dapat disimpulkan baik, dan cukup memuaskan. Selain dari mesin-nya yang responsif, ternyata kelebihan motor ini memilikihandling yang sangat nyaman. Enak dibawa untuk semua jenis perjalanan sebagai kendaraan roda dua, entah itu jalan macet, atau perjalanan kencang dan jauh.

Menurut Mas Taufik

Bagi saya Ergonomi dari megapro ini lebih bersifat Daily Touring Bike, dibanding sebuah street fighter tulen bagi saya . ..  Jujur Motor ini,Honda new megapro memiliki tarikan yang Responsif, keresponsifannya sedikit di atas yamaha Byson yang saya test tiga hari yang lalu, tercatat gear 1 bisa memperoleh 50-an km/jam sampai takometer menuuk garis redline dan gigi dua sekitar 60-an km/jam sampai rpm 9000-an. Kenaikan power dirasakan cukup baik dan dirasakan mudah ngebejek trotel untuk menaikan RPM mesin Great work for Honda engineer !! , saya sempat tanya hampir ke semua test rider merasakan hal yang serupa dimana NMP lebih responsif. Informasi dipanel cukup mudah terbaca baik takometer, spedometer bahkan penunjuk waktu.

Gimana kemampuan saat menikung, dari awal lap saya sudah mencoba membuat lean angle saat menikung. Lumayan Gak ada rasa limbung di sok belakangnya saat menikung dengan kecepatan sedang ..  .mantaaabb !! Gimana rem depannya: kepakemannya sedikiit dibawah Yamaha Byson,  menurut saya dikarenakan dikarenakan perbedaan lebar piringan cakram. Akan tetapi rem belakangya nggak terlalu signifikan terhadap keduanya. Walaupun harus kita akui bersama secara estetika, rem belakang cakram Honda NMP lebih memperkuat aspek beautification New megapro plus dengan tambahan kehadiran monosok yang memiliki beberapa  variabel kelembutan dan kekerasan shok.

Dari hasil test ride Honda New MegaPro dapat disimpulkan bahwa ergonomi motor ini mirip MegaPro lama maupun Tiger, sehingga nyaman untuk dikendarai, tarikan mesin lebih responsif dibanding Yamaha Byson, memiliki handling yang nyaman serta easy to ride. Jadi cocok untuk anda yang butuh kendaraan dalam kota yang bisa selap-selip ditengah kemacetan ibukota, untuk jarak jauh pun masih tetap nyaman. Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan yakni 19,5 juta dengan segudang fitur yang dimiliki. Selanjutnya terserah anda…..

Courtesy : Arantan, Maskurmambang, Mas Triatmono,  Bro Stephen Langitan dan Mas Taufik

Iklan

Komentar»

1. Bonsai Biker - 25 Agustus 2010

mayan comparenya

2. FEBRI - 25 Agustus 2010

muantap cuy…..

HONDA IS THE BEST…!!!!!????

BRAVO HONDA,,,,,…….

3. Kodok Ijo - 6 September 2010

Jaman sudah berubah… makanya sudah selayaknya AHM menggantikan megapro lama dgn yg ini. Yang lama sih gak banget deh, modelnya dah ketinggalan jaman apalagi mesinnya, sungguh keterlaluan kalo masih mati2an dipertahanin. Kalo saya ketemu yg naik megapro lama, dalam hati saya cuma nyeletuk, “dasar orang kuno, hari gini masih doyan ama motor begituan?”. Sorry kalo ada yg tersinggung, saya gak bermaksud begitu. Jujur aja, motor kyk gitu gak ada dalam kamus hidup saya, tapi setelah melihat yg model baru ini, saya cukup tertarik. Baguslah AHM, emang sudah seharusnya AHM memanjakan konsumen2 setianya, sebagai balas budi, yoi gak?

4. ary - 6 September 2010

salam kenal,
Kalo di Kalimantan terutama perkebunan sawit rata rata pada pake honda meg pro, belakangan udah banyak beralih ke merk yXXXXX, yakin kalo meg pro yang baru keluar trend honda akan kembali. Pa lagi kalo harga bisa ditekan agka 20 jt aan nyampe di luar Jawa…pasti banjir mega pro.btw honda win juga mantab dip[ake di kebun/ off road.

5. martini - 23 September 2010

regane meh podo kabeh!!!

6. hanamasa - 24 September 2010

spec NMP
—————–

Tipe mesin : 4 langkah OHC
Sistem pendinginan : Pendinginan udara
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah :149,2 cc
Perbandingan kompresi : 9,5:1
Daya maksimum : 13,7 PS / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 1,31 kgf.m / 6.500 rpm
Kopling : Manual, Multiplate Wet Clucth
Starter : Pedal & starter elektrik
Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1 liter pada penggantian periodik
Gigi transmisi : 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Aki : MF 12 V – 3.5 Ah
Sistem pengapian : DC – CDI DIGITAL
Panjang x lebar x tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda : 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah : 152 mm
Berat kosong

: 136 kg (tipe CW)
: 134 kg (tipe Spoke)
Tipe rangka : Pola berlian (tipe diamond dengan material steel)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang

: Cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)]
:Tromol (tipe Spoke)

7. zamzam - 7 Juni 2011

InsyaAllah gw mo beli NMP, SEEP LAH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: