jump to navigation

Pasca AHM Luncurkan Vario Techno Non CBS, Bagaimana dengan Xeon? 25 Agustus 2010

Posted by SLVRShop in HONDA.
Tags: , , ,
trackback

Akhirnya secara resmi AHM merilis satu lagi keluarga baru matiknya, yupz dialah Honda Vario Techno Non CBS. Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan hanya Rp 14.8 juta (OTR DKI Jakarta). Vario Techno Non CBS mengaplikasikan desain bodi Vario Techno CBS namun dengan standar sistem pengereman pada rem belakang, sama dengan skutik Honda yang lain seperti Beat dan Vario CW.

Honda Vario Techno baru ini memiliki empat pilihan warna yaitu Orion Black, Galactic Blue, Mars Red,  Cosmic White dan striping baru yang terlihat lebih menarik dan dinamis, sesuai selera anak muda. Model ini diharapkan terjual sebanyak 45.000 unit per bulan.

Selain meluncurkan Vario Techno Non CBS ini, AHM juga melakukan refreshment terhadap dua produk skutik, yaitu Vario Casting Wheel (CW) dan Vario Techno CBS dengan melakukan perubahan tampilan pada bagian striping dan kombinasi warna. Tak hanya itu Vario CW mengalami penurunan harga 600 ribu dari Rp 14,9 jt menjadi Rp 14,3 jt. Pada Vario CW, AHM memberikan striping baru berkonsep fashionable, advanced, dan exclusive. Vario CW hadir dalam empat pilihan warna yaitu velvet black, glam red, posh white, dan slink pink.

Dengan kehadiran Vario Techno tersebut maka rapatlah sudah jajaran varian matik Honda dalam menghadapi Yamaha, mulai dari Beat SW, Beat CW, Scoopy, Vario CW, Vario Techno dan Vario Techno CBS. So apakah bakal berdampak ke penjualan Vario CW? Sedikit pasti berdampak, tetapi AHM cukup smart dalam mengatasi kemungkinan dampak ini, yaitu dengan differensiasi harga, alias penurunan harga Vario CW. Justru yang dikhawatirkan adalah dampaknya ke Mio Soul karena rentang harga yang begitu tipis.

Tak cukup sampai disitu, diam-diam AHM juga menaikkan target penjualan Scoopy 50% menjadi 15.000 per bulan dari sebelumnya 10.000 ribu unit per bulan, akibat penjualan Scoopy yang bagus dan melaju sendiri tanpa saingan. Artinya tren retro yang dihembuskan AHM bisa diterima masyarakat Indonesia. Mau gak Mau YMKI harus ngeluarin produk yang head to head dengan scoopy untuk menhadang sepak terjangnya. Yamaha Fino sudah sepantasnya brojol, kalo di Thailand bisa jadi yang terlaris, kenapa disini tidak? Justru Honda Scoopy mati2an di Thailand buat ngejar Fino, bisa dilihat upaya Honda Thailand di setiap iklannya selalu menampilkan kata “Original Fun From Honda Japan”. Jadi tunggu apa lagi?

Bagaimana dengan nasib Yamaha Xeon yang baru saja dirilis Yamaha? Tentunya akan berdampak langsung terhadap penjualan Xeon, sekedar informasi penjualan Yamaha Xeon masih dibawah harapan dari target perbulan yang dicanangkan oleh YMKI sebesar 25.000 unit per bulan. Dari penjualan 3 bulan terakhir Xeon hanya bisa menyumbang sekitar 40 ribu unit, artinya hanya 18 ribuan per bulan. Agaknya Xeon harus belajar dari adiknya Mio Sporty, kenapa bisa laku keras seperti sekarang? Jawabnya adalah kemudahan untuk dimodif. Cara ini bakalan efektif, jadi gak cuman jadi produk flagship yang harus tampil elegan, YMKI juga harus nunjukin kalo Xeon juga gampang untuk dimodif. Pada artikel sebelumnya saya sudah bahas Inspirasi Modif Xeon ala Thailand. Yang ternyata bikin benar-benar keren dan bikin ngiler. So ini bukanlah pekerjaan rumah yang mudah buat YMKI, ditengah digempurnya segment matik oleh AHM dan masalah keuangan yang didera oleh Yamaha Pusat.

Memang seperti yang sudah diprediksikan oleh Mas Tri, kedepan adalah permainan beregu lah yang jadi penentu kemenangan suatu pabrikan. Pasar sekecil apapun akan digarap oleh pabrikan untuk jadi yang pertama. So YMKI jangan lengah di segmen matik dan jangan cuma fokus ke segment sport, karena jelas target Honda tahun ini untuk jadi Raja Motor Matik. Yak kita tunggu saja…..

Komentar»

1. asmarantaka - 25 Agustus 2010

PERTAMAXX :mrgreen:

2. asmarantaka - 25 Agustus 2010

warna stripingnya baguss…apalagi yg pink :mrgreen:

3. dismas not dimas - 25 Agustus 2010

wah, jadi makin bingung… Mau HSX 125 ruji-ruji atau Vario Techno non CBS 😀

4. Gandhor - 25 Agustus 2010

HONDA is the best pokoknya….

5. nhd - 26 Agustus 2010

Mayoritas konsumen tahu, matik adalah motor boros, itu baru 110cc. Terutama produk y. Nah bagaimana mungkin konsumen akan beralih ke 125? Apa yang mereka cari? Itulah kenapa Xeon susah diterima konsumen. IMHO

6. Yamaniac - 26 Agustus 2010

@nhd
susah diterima konsumen kok bisa laku 18 rb an unit/bulan ya…lah scoopy yang cuman 12 rb/bln berarti lebih susah diterima konsumen ya..

7. AntiMiskin - 26 Agustus 2010

Saya kira YMKI adalah ATPM yg patut diacungi jempol. Kenapa? krn dia berjuang sendirian tidak disupport oleh Yamaha Pusat, sedangkan Honda jelas kuat finansialnya baik dari AHM sendiri dan pasti support penuh dari Honda Pusat hingga dapat menelurkan bbrp produk dgn sistem keroyokan untuk menggempur salah satu produk Yamaha dan berani menurunkan harga. Kemungkinan akan memonopoli kah ?

8. i.dosa - 28 Agustus 2010

setahu saya menurut mas tri scopy laku 18000 perbulan

9. vegadeth - 10 November 2010

untuk produk yang mulai menurun penjualannya memang WAJIB di diskon, biar umurnya nambah sedikit, apalagi kalo sdh ber umur kaya vario.

10. Pocong - 19 Februari 2011

all..
MasiH BorOsan Mio dodoL,,,,,,,,,,,
Quw aj yG punya miO AmPiuuuuuuNn, Boross pooL, apLagi kaLo dPake buAt Luar kOta, amPuuuN deehh, guE gak bakaLan mau kLo dSuruh bELi Mio Lagi, mskiPun harganya tuRun kEk, atw apa kEk,,,,
gak ngUruss,,,,

11. zone - 12 Maret 2011

aduh udah ada yang lebih baik masih bela yang dulu pls lah ga punya otak tuh orang. dealer yamaha di rumah ku tuh mio nya terus aja di pajang 😀 sampe skr
vario series & Beat Jelas lebih baik dari mio Series
masih mau bilang bagus mio???????? DONGO tuh orang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: