jump to navigation

Penjualan Oktober, Honda Masih Kokoh Diatas 7 November 2010

Posted by SLVRShop in HONDA, KAWASAKI, MARKETING, SUZUKI, YAMAHA.
Tags: , , ,
trackback

Tampilnya Honda Indonesia menjadi sponsor di Tim Repsol Honda agaknya menjadi semangat pabrikan ini untuk jadi yang pertama di Indonesia maklum MotoGP adalah ajang tertinggi balap motor dunia, dimana tim yang bisa juaralah yang jadi tolak ukur masyarakat Indonesia dalam membeli  sepeda motor apalagi para ABG:mrgreen: ….. Semangat untuk jadi pertama inilah yang berhasil ditorehkan pabrikan ini pada penjualan motor nasional bulan Oktober lalu, dimana Honda berhasil mengalahkan rival abadinya Yamaha dengan berhasil membukukan penjualan tertinggi sebanyak 323.154 unit. Sementara itu pabrikan garpu tala Yamaha setia membuntuti Honda dengan berhasil membukukan penjualan 315.060 unit atau hanya selisih 8.094 unit. Dilain dua pabrikan raksasa tersebut, Suzuki harus puas di posisi ketiga dengan berhasil membukukan penjualan 47.699 unit, Kawasaki masih tetap diposisi empat dengan berhasil menjual 7.486 unit, pabrikan asal India TVS berhasil  menjual 1.771 unit dan terakhir pabrikan asal tanah air Kanzen harus puas dengan hanya menjual 102 unit.

Dengan hasil penjualan Oktober ini, maka sepanjang tahun 2010 Honda berhasil membukukan penjualan 2.894 .420 unit dan menguasai market share sebesar 46,64%, sementara itu Yamaha berhasil membukukan penjualan 2.782.541 dan menguasai market share sebesar 44,84%. Sehingga selisih antar dua pabrikan tersebut hanya terpaut 111.879 unit, dengan sisa dua bulan lagi memang agak susah buat Yamaha ngejar, tetapi semua bisa saja terjadi. Tetapi buat Yamaha agaknya hasil ini sudah cukup bagus, seperti yang diinformasikan mas Tri, target Yamaha Indonesia yang dibebankan oleh Yamaha pusat hanya sebesar 3 juta unit,  dengan hanya sisa 217.459 unit dengan waktu yang masih tersisa 2 bulan lagi agaknya target ini dengan mudah dapat dicapai.

Terjunnya AHM menjadi sponsor di tim pabrikan Respol Honda menyusul langkah YMKI yang memasang “Semakin di Depan” pada tim Fiat Yamaha bukti bahwa pertarungan dua pabrikan ini laksana perang Bharata Yudha yang maha dahsyat, bukan hanya pabrikan disini saja yang turun, tetapi pabrikan pusat baik Honda Jepang dan Yamaha Jepang akan turun habis-habisan buat jadi yang pemenang, maklum Indonesia adalah lumbung padi bagi mereka. Tahun ini Yamaha lebih banyak bertahan dengan menerapkan strategi counter attack, dibanding Honda yang lebih agresif menyerang disemua sisi, dan tahun depan dipastikan perang bakal lebih panas lagi. Yamaha sedang menyiapkan amunisinya di sektor matik untuk mengejar ketertinggalan, sementara itu Honda masih akan agresif lagi melakukan serangan di semua lini, sektor sport bakal jadi fokus utama, tak kurang dari empat produk bakal membanjiri pasar tanah air.

Ilustrasi Perang Maha Dahsyat Baratayudha (Dari IndoCG Forum)

By the way, langkah Honda dan Yamaha untuk jadi sponsor utama di tim MotoGP dengan mengeluarkan lebih dari 20 juta euro (248 milyar IDR) harusnya dibarengi dengan langkah nyata pabrikan untuk mengorbitkan pembalap tanah air, paling tidak 2-3 tahun ke depan setidaknya sudah ada pembalap Indonesia yang tampil di Moto3 atau Moto2. Melihat euforia publik Indonesia dengan kehadiran Doni Tata dulu pada ajang GP 250CC yang begitu besar, harusnya jadi motivator buat pabrikan untuk melakukan hal yang sama, jangan jadi tempat jualan doank…. Toh hal ini akan sangat membantu penjualan para pabrikan. Thailand aja bisa mengorbitkan Wilariot ke ajang Moto2 masa kita gak bisa, apalagi nasionalisme bangsa kita begitu besar…. !!!

Dan harusnya para pabrikan lebih melek lagi akan pasar Indonesia yang begitu gurih, luncurkan produk terbaiknya di Indonesia,  jangan lagi-lagi Thailand ato India. Kehadiran CBR yang membuat geger publik Indonesia harus dimanfaatkan betul oleh pabrikan, pasar Indonesia pengin sesuatu yang lebih, untuk Yamaha harusnya bisa memanfaatkan momen ini, hadirkan produk-produk sports terbaik di India dan dunia dimari buat menandingi CBR yang akan keluar tahun depan, apalagi nama Yamaha begitu harum di mata remaja Indonesia, Inget kan dongeng waktu kecil “Semut Aja Bisa Ngalahin Gajah”, so tidak ada yang tidak mungkin, dengan tim yang solid dan selalu bahu membahu pasti bisa mengalahkan sang raksasa.🙂

Komentar»

1. kripikpedas - 7 November 2010

pertamaxxx

2. kripikpedas - 7 November 2010

Nampaknya target 1% di belakang H, gak bakal tercapai ama Y… malah bisa nambah jauh jadi 2%.

3. maticmania - 7 November 2010

CBR mania wajib mampir kesini….❗ Lanjutkan…

4. cotto - 7 November 2010

Posisi 4 dapat kawasaki ninja…

5. vegadeth - 7 November 2010

padahal 5 th lalu bedanya bisa 500rb unit.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: