jump to navigation

TVS Apache 180 RTR With ABS, Ini Baru Motor !!! 11 Januari 2011

Posted by SLVRShop in TVS.
Tags: , ,
trackback

Pabrikan motor asal India memang luar biasa dalam hal inovasi,  jadi wajar aja kalo mereka bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan pabrikan Jepang yang notabene penguasa motor dunia. Salah satu pabrikan India yang gak henti-hentinya melakukan inovasi adalah TVS, nah bulan Februari nanti TVS bakal ngluncurin motor baru TVS Apache 180 RTR + ABS (Anti Lock Braking System).

Dan hebatnya lagi motor ini bakal jadi motor yang menyematkan teknologi ABS yang pertama di India mengalahkan Honda CBR250R ABS yang baru brojol April nanti. Gak cuman itu motor ini bakal dibanderol seharga 80.000 Rupee atau sekitar 15 juta Rupiah (lebih mahal 8rb rupee dari versi biasa) sedangkan CBR250R ABS seharga 180rb rupee atau 36 juta, jadi motor ini bakalan jadi motor ABS termurah yang ada di India. Jadi kebayang bila motor ini dijual dimari dengan kisaran harga 18 jt, wah bakalan geger pasar motor sport di Indonesia.

TVS Apache 180 RTR + ABS  sebelumnya pernah dipamerkan terlebih dahulu diajang India Auto Expo 2010 dan juga pernah mampir di JMS 2010 untuk yang type Non ABS. Motor ini mengusung mesin 177,4 cc dengan power yang dihasilkan sebesar 17,03 PS pada 8500 rpm atau setara dengan Bajaj Pulsar 180 dan Hero Honda Kharizma 223cc, sedangkan torsi maksimumnya 15,5 Nm pada 6500 rpm, gak cuman ini top speed motor ini dapat mencapai 125 km/jam.

Pada perangkat ABSnya motor ini dilengkapi dengan HECU (Hydraulic Electronic Control Unit) dan sensor kecepatan yang secara terus menerus akan memonitor kecepatan roda sepeda motor. Teknologi HECU akan bekerja mengubah tekanan hidrolik pada sistem pengereman yang tidak memungkinkan roda untuk mengunci sehingga pengendara tidak kehilangan kontrol atas motornya.

Selain ABS ada satu peranti lagi sebagai pendukung yaitu RLP atau Rear Wheel lift-off Protection. RLP mempunyai fungsi untuk meminimalisir selip roda belakang ketika dilakukan pengereman roda belakang secara tiba-tiba. TVS telah mengembangkan RLP bekerjasama dengan Jerman Continental AG. Continental AG merupakan perusahaan ahli dalam hal sistem kontrol chassis dan telah menjadi patners dengan merek-merek terkenal seperti BMW Motorrads. Jadi, versi ABS dari RTR180 TVS Apache meningkatkan keamanan dalam berkendara. So apakah TVS Indonesia akan memboyong motor ini dimari?

Berikut Spesifikasi Lengkap TVS Apache 180 RTR + ABS

Specifications:

Engine

  • Type: 4 stroke
  • Cylinder: Single
  • Displacement: 177.4 cc
  • Maximum Speed: 125 km/hr
  • Maximum power: 17.03 PS at 8500 rpm
  • Maximum torque: 15.5 Nm at 6500 rpm
  • Chassis Type: double cradle synchrostiff
  • Rear Suspension: Mono Tube inverted gas filled shocks with spring aid
  • Front Suspension: Telescopic Fork, 105 mm Stroke

ABS + RLP

  • Valves: Digital Control
  • ECU: Integrated
  • Electronic: 12 V
  • Hydraulic: 4 Valves, pump & LPA
  • Communication: K-Line

Dimensions:

  • Length: 2085 mm
  • Height : 1100 mm
  • Width : 730 mm
  • Ground clearance: 180 mm
  • Wheelbase: 1326 mm
  • Saddle height: 790 mm
  • Front Brake: 270 mm petal disc
  • Rear Brake: 200 mm petal disc
  • Front Tyre Size: 90/90 x 17” tubeless
  • Rear Tyre Size: 110/80 x 17” tubeless
  • Fuel Tank Capacity: 16 litres
  • Reserve Capacity: 2.5 litres
  • Kerb Weight: 137 kg

Video TVS Apache 180 RTR + ABS

Komentar»

1. Maskur - 11 Januari 2011

top
sayangnya terlalu persis ama yang 160

2. Maskur - 11 Januari 2011

yang 160 saja akselerasinya mantab gitu, yang ini kayak apa ya?

3. Maskur - 11 Januari 2011
Setiawan - 11 Januari 2011

@mas maskur
Yupz mas sama persis ma yang 160, untuk akselerasi menurut media di India okean ini dibanding adiknya…
Siap kunjungan balik mas

4. j4na - 11 Januari 2011

menurut saya kok ga perlu ya mas… baekan tech yang lainnya ditingkatkan macam mesin dengan dohc
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/11/kehebatan-mocinjincheng-dalam-meniru/

5. tukang ingsinyur - 11 Januari 2011

masa top speed cuma 125, malu sama vixion, megapro, dkk….

Tulus_Budi - 12 Januari 2011

125 km/jam real kalee mas, bukan di speedo yg udah di mark-up macem motor2 jepun produksi tanah-air …..

abuabu - 18 Januari 2011

iya, supra x 125 ku aja bisa 125 km/jam..aneh…

6. visitor - 11 Januari 2011

bukannya abs sama cbs beda gan?cmiiw

Setiawan - 11 Januari 2011

@j4na
Untuk keamanan agaknya sangat penting toh?

@tukang insinyur
Kalo ama Byson gimana tah :mrgreen:

@visitor
Yupz beda abs:anti lock brake system seperti diatas sedangkan cbs:combi brake system seperti halnya Vario CBS Techno yang berfungsi untuk melakukan pengeraman depan dan belakang hanya dengan satu tuas yang ditekan

7. Terajana - 11 Januari 2011

emang vixion sama mega pro bisa lari sampai 125 km/jam ya ? speedonya emang akurat ya ???
New megi jg topspeed kisaran 106-115 km/jam, klo vixi gigi 5 nya ngeden alias berat naik mentok2 topspeed 120km…… klo di liat di speedo vixi udah 140an alias palsuuuuuu…..
Demen Sama TVS, tpi Tetap pegang pulsar 200 karena punya 1 hahahahaha

8. fikri - 12 Januari 2011

yang 160nya aja 18,5 juta kan y disini, kalo ga salah

9. anto - 17 Januari 2011

wah.. ada yg 180 cc nya.. wah bisa freestyle kaya video yg di sini ga ya om?? cekidut lik nya om..salam damai..

10. segleng - 26 Januari 2011

performance bike yang murah.. mirip rx king

11. Deal - 30 Juli 2012

4 Klep jelas beda dengan 2 klep…..

12. Dian Agus - 12 Agustus 2012

Apache 180 cc top speed 125 Km/jam, Vixion 150 cc miliku top speed 130 Km/jam. Hebat mana tuh…??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: