jump to navigation

Test Ride Yamaha Byson oleh Blogger ! 23 Agustus 2010

Posted by SLVRShop in TEST RIDE, YAMAHA.
Tags: ,
trackback

Hari Kamis kemarin tanggal 19 Agustus 2010 pihak pabrikan Yamaha mengundang blogger papan atas otomotif roda dua, yakni Mas Triatmono, Bro Stephen, Mas Taufik, Mas Adi dan Pak Edo beserta wartawan dari media otomotif untuk test ride motor sports baru Yamaha Byson. Memang saya sendiri tidak diundang (Ngarep.com), tapi kali ini saya akan bahas hasil test ride Yamaha Byson berdasarkan perspektif para blogger yang sudah melakukan test ride. Monggo disimak…

Menurut Juragan Rondo (Mas Tri)

Ketika gue menaiki dan duduk diatas ‘jaran besi’ Byson ini… gue seolah menaiki Ducati Monster ataupun Kawasaki Z1000… dan di mindset gue sudah terbayang… style gue akan mirip seperti mengendarai kedua moge tersebut… namun dengan power yang jauh lebih kecil …!!! Sebelum mencoba,… dijelaskan sekilas tentang Byson yang menggunakan engine 153cc ini… carbu Mikuni ukuran 26… dan dipasangnya catalytic converter seberat 5kg… sudah terbayang berapa power yang dihasilkan …!!!

Starter engine cukup halus suaranya terdengar…Simulasi jalan bergelombang terbuat dari papan dengan ketinggian papan kurang lebih 15cm… dengan mudah dilahap oleh Byson ini … dan suspensi monoshock nya cukup empuk dalam melahap rintangan tersebut …!!! Suspensi depan yang dilengkapi dengan fork 41mm memang membuat handling begitu stabil… dengan style riding seperti Ducati Monster… gue dengan mudah menaklukkan tikungan… !!! Gimana dengan rem nya… ??? Mengingat power bukan menjadi hal utama pada motor ini… rem depan disc brake dan belakang tromol… yaagh sudah cukup buat mengendalikan motor ini…. !!!

Menurut Mas Taufik

Saya jarang sekali naik motor bersetang Fatbar karena jangkauan tangan saya yang seadanya, namun dikarenakan yamaha Indonesia telah sedikit memperpendek panjang Setang FZ16 untuk diaplikasikan Ke Byson maka saya merasa jangkauan tangan tidak terlalu ‘baplang’. Perlahan Pelajari panel meter lalu melesat ke handicap berupa 3 gundukan dan beberapa cone yang digunakan untuk zig zag. melindas 3 gundukan sudah cukup untuk merasakan aura suspensi yang menurut saya cukup soft. Motor ini cukup lincah untuk diajak zig zag di kecepatan rendah, mungkin karena setangnya yang tingi dan lebar kali ya?

Motor ini lumayan lah, walaupun akselerasinya Nggak segalak Vixion. Yang paling membuat saya terkesima adalah kestabilan motor ini saat dibawa nikung rebah kanan dan Kiri .. .  Straight Ke duaaa, saya tambah akselerasi . ..  tapi teteeep nggak terlalu heboh akselerasinya, sepertinya tertahan dimana githu . . hmmm mungkin bisa jadi di honey comb catalitic converter yang termasuk dalah sistem exhaust seberat 5 kg . .. dapet hampir 80 kpj di ujung straight langsung reem soale ketemu tikungan ke kanan, rem depan Byson cukup mumpuni menghandel pengereman, Feeling pakemnya sedikit di atas Cengkraman rem depan V-Ixion menurut saya….

Menurut Bro Stephen

Ketika engine start, terdengar suara mesin halus. Terasa ada kesan sebagai bikers yang penuh gaya, karena motor baru. Perasaan kedua, ada kesan naik motor touring style, karena stang cukup lebar, mirip stang trail yang dipakai SL.com saat touring dengan Honda Tiger 2004 milik sendiri ke beberapa daerah. Tapi, ketika angkat kaki dan motor sudah dijalankan, malah terasa ada gaya riding streetfighter. Wah.. beda lagi tuh perasaan.

Di lintasan lurus pertama, lumayan dapat tarikan cepat, tapi mendadak nikung dan oper gigi turun. Setelah itu SL.com merasakan test-ride Yamaha Byson dalam kecepatan menengah dan bawah. SL.com mencari posisi buat rebahan kiri dan kanan dan ternyata memang asyik juga, dan beberapa kali ujung sepatu SL.com menyentuh jalan dalam 2 atau 3 corner. Footstep Yamaha Byson punya desain menekuk saat menyentuh jalan, dan SL.com merasakan ada satu kali tikungan yang menyentuh jalan dengan suara gesekan, sehingga sontak membuat SL.com lebih waspada agar jangan sampai jatuh, karena ban yang dipakai terasa belum familiar diajak kencang.

Dalam sesi test-ride SL.com memang tak mendapatkan kecepatan top-speed, bahkan putaran atas memang tidak maksimum, hal ini disebabkan lintasan sirkuit Sentuk Kecil banyak tikungan, juga motor ini lebih terasa sebagai motor gambot yang bermain pada kecepatan bawah dan menengah. Namanya juga sebagai motor gaya, stylish dan cocok untuk modifikasi.

So dari hasil test ride yang telah dilakukan oleh para blogger bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk power Yamaha Byson masih kalah dengan kakaknya Vixion, jadi jangan harap bisa dapat motor kencang ala moge, tapi bagi anda yang ingin tampil gaya dan modis, Bysonlah pilihannya, karena motor ini memang dipersiapkan oleh YMKI untuk yang doyan modifikasi, sesuai dengan konsep Byson, gagah, macho dan garang. Harga yang ditawarkan oleh YMKI pun cukup menggoda yakni Rp 19,9 juta atau selisih 400 ribu dari New Mega Pro Rp 19,5 jt. Namun kemungkinan harga ini akan naik lagi seperti yang diutarakan Mr. Bety, tepatnya awal tahun 2011. Mumpung sekarang harga promosi, jadi bagi yang sudah ngidam motor ini…buruan beli…..

Sumber: Blog Juragan Rondo, Tmc dan SL.com

Iklan

Komentar»

1. bjl - 24 Agustus 2010

pertamaxx.. :mrgreen:

2. Redbiker - 24 Agustus 2010

Ke2x

3. Triyanto Banyumasan - 24 Agustus 2010

ketigakkk…

4. Pingkys - 30 Agustus 2010

Mantab

5. erick - 24 September 2010

pertamax plus gan

6. bro - 22 Oktober 2010

nggak masuk nominasi dah…..

7. bosen - 28 April 2011

halah, motor dudul aja di juwal … yamaha banyak gaya, terlalu lama indent harga naek … niat bayar cash malah kudu kredit (dealer ada main nih sama leasing)

yamaha (YMKI) semakin di depan tuh depan sebelah mana, dudul ..

8. www.bookcrossing.com - 14 Agustus 2013

It’s actually a cool and useful piece of information. I am glad that you just shared this helpful information with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: